Minggu, 30 Juni 2013

Lombok Impianku

Aku dan keluargaku termasuk yang senang rekreasi atau berlibur. Kebersamaan dengan keluarga menjadi semakin kental dengan bepergian bersama.Namun selama ini tempat liburan kami belumlah ke tempat yang jauh-jauh, paling sekitaran Jakarta, Bandung, Yogyakarta. Kami lebih suka berlibur ke wisata alam, seperti laut dan pegunungan. Rasanya bisa sekalian bertadabur alam dan mengajarkan kepada anak-anak untuk lebih mengagungkan kebesaran Illahi.

Aku dan anak-anak lebih suka laut dari pada pegunungan. Memandang laut lepas dengan panoramanya selalu membuat hati berdecak kagum pada keindahan ciptaanNya. Menikmati hamparan pasir dengan yang dibelai oleh ombak yang kadang lembut, kadang keras. Mengagumi keindahan dasar laut dengan menceburkan diri pada asinnya air laut, sungguh luar biasa rasanya. Aku selalu menikmati suasana pantai baik itu pagi, siang atau sore bahkan malam harinya. Selalu saja alam membawa keindahan dengan ciri khasnya. Ditambah lagi, karena Luthfan (sulungku) alergi dengan udara dingin, jadi kalau ke daerah pegunungan, sering alerginya kumat.

Sejak lama, aku selalu menarik nafas dan ber-Allahu Akbar bila melihat gambar-gambar pantai di LOMBOK. Begitu besar hasratku untuk bisa ke tempat itu. Panorama Lombok yang terlihat indah di foto-foto/gambar-gambar membuatku memendam hasrat yang besar untuk ke sana. Apalagi aku mempunyai teman yang bergerak di bidang wisata di sana, yaitu Wisata Lombok. Darinya aku banyak mendapat cerita dan gambar-gambar yang membuat kepalaku pusing saking pengennya ke sana.

Jika suatu saat aku bisa ke Lombok, pokoknya aku ingin mengunjungi berberapa lokasi di sana. Ubek-ubek panorama laut sampai puas. Menikmati asinnya hawa laut yang menerpa wajahku. Merasakan tiupan angin laut yang mengayunkan gelombang ombak. Allahu Akbar.

Tempat pertama yang ingin aku kunjungi dari wisata di Lombok adalah GILI NANGGU. 


Kok Gili Nanggu? Dari cerita temanku, aku mendapat keterangan kalau Gili Nanggu berada di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Pulau ini hanya sekitar 12 hektar saja luasnya, dan di sana hanya ada satu cottage. Tempatnya lebih tenang dan kelestarian alamnya sangat dijaga. Tidak boleh menangkap ikan baik itu dengan jaring atau pancing, tidak boleh menginjak terumbu karang. Sehingga ikan-ikan di sana tidak takut didekati manusia. Waaahh, kalau snorkeling bisa asyik nih!

Cottage di sana juga bikin penasaran. Bentuknya seperti lumbung (Hug). Unik dan kesannya nature sekali. Suasananya lebih privacy. Di sana sudah ada fasilitas watersport, dan diving. Sepertinya GILI NANGGU cocok buat yang berhoney moon atau menyemai cinta bersama keluarga.

kamar berbentuk lumbung (hug)


sunrise di Gili Nanggu


sunset di Gili Nanggu


keindahan pantai Gili Nanggu


 Salah satu sisi pantai Gili Nanggu

Lokasi lainnya yang menjadi impianku adalah PANTAI PINK yang terletak di Tangsi. Disebut Pantai Pink karena pasirnya memang berwarna pink, yang merupakan percampuran antara pasir putih dan pasir merah (seperti cabai) yang berasal dari terumbu karang dengan warna merah. Rasanya tidak ada pasir berwarna pink seperti di tempat ini, makanya aku ingin sekali melihat panoramanya dan menginjakkan kakiku di sana.



Pantai Pink di Tangsi



Pantai Pink pada momen yang berbeda

Lombok juga terkenal dengan PANTAI SENGGIGI yang pasir putihnya bersih. Air lautnya jernih sekali, kayaknya bisa buat ngaca deh saking jernihnya. Ombaknya yang bersahabat membuat kita ingin segera menceburkan diri bermain dengan belaian ombaknya. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap sehingga kita bisa menikmati suasana segar di Senggigi dengan lebih nyaman. Apalagi di Senggigi kita bisa melihat Pura Batu Bolong. Setengah jam kalau kita menyusuri pantai Senggigi, akan menemukan sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di pinggir pantai. Pura inilah yang oleh masyarakat sekitar diberi nama Pura Batu Bolong. Menurut legenda setempat, dahulu kala di pura ini sering diadakan pengorbanan seorang perawan, sebagai sajian makanan untuk Ikan Hiu yang tinggal di pantai. Legenda lain mengatakan, pura ini juga merupakan tempat para wanita menerjunkan dirinya ke laut karena patah hati.


Pantai Senggigi, gambar dari sini
Wooow!

Kalau ke Lombok, sudah tentu kurang lengkap jika tidak snorkeling melihat keindahan panorama dasar laut, yang konon di sana terkenal keindahannya. Atau sekalian saja mencoba diving-nya. Belum pernah dan ingin mencoba bagaimana rasanya menyelam dan menikmati pemandangan dasar laut dengan lebih dekat. Aahh, pasti menakjubkan dan mendebarkan.

Lokasi yang biasa dijadikan tempat snorkeling adalah di kawasan GILI TRAWANGAN, GILI MENO, GILI AIR, yang reputasinya telah mendunia. Terumbu karang, ikan-ikan hias yang berwarna warni, dan biota laut di Lombok terkenal sekali keindahannya. Sungguh tempat bertadabur alam yang amat mengesankan.


Snorkeling di Gili Trawangan


Diving di Gili Trawangan, gambar dari sini 

Ternyata Lombok memang dikelilingi oleh banyak lokasi indah. Selain tempat-tempat di atas masih ada lokasi indah lain yang menantang. Ada TANJUNG RINGGIT, TANGSI, EKAS DAN SURGA BEACH yang untuk mencapainya perlu persiapan fisik dan mental. Malah katanya lebih enak lagi kalau kemping di sana, sebab di sana masih minim fasilitas, dan kondisi jalan menuju ke sana belum mulus. Tapi jangan ditanya soal keindaan pemandangannya. Bakalan menjerit-jerit kagum deh. Keluargaku juga suka kemping, rasanya boleh juga mengunjungi tempat-tempat itu. Aku baru lihat fotonya saja sudah histeris. Lihat saja foto-foto di bawah ini. Rasanya menempuh perjalanan 3 jam, dengan kondisi jalan yang kurang baguspun terbayar setelah sampai ke lokasi.

ombak di Pantai Surga bisa untuk watersport (surfing)






Kalau berwisata ke suatu daerah, rasanya kurang lengkap bila tidak berwisata kuliner. Kuliner Lombok juga terbayang-bayang kelezatannya setelah diceritakan oleh teman. Kebetulan aku suka dengan masakan yang gurih dan pedas. Rasanya sangat ingin mencicipi cita rasa masakan di Lombok.

Sop Ikan Gurame


Sop Buntut yang punya rasa khas


Ayam Betutu


Kelak Bakik

Mantap nian panorama dan kuliner Lombok. Keindahannya bener-bener membuat mupeng deh. Sekarang ini baru bisa membayangkannya sambil memejamkan mata, atau melihat foto-foto/gambar-gambarnya saja. Kelak, suatu saat, aku harus bisa ke sana. Mewujudkan impianku untuk berlibur bersama keluarga ke Lombok. Menikmati tiap sudut Lombok sambil menyemai cinta keluarga.



Foto-foto diambil dari Wisata Lombokkecuali beberapa foto yang sudah disambungkan pada link asalnya. Terima kasih kepada mbak Enggar, yang sudah mengijinkan foto-fotonya dipinjam untuk keperluan lomba ini.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog ZALORA Liburan Impianku yang diselenggarakan oleh ZALORA Indonesia dan Blog ZALORA Indonesia

48 komentar:

  1. iya nih teman SMA ada yg di lombok sekarang foto2nya bagus2 pengen bangets kesana, minggu depan sebenarnya ada acara di kampus ke sana tapi sy ga dapat jatah ikut :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong mas, suka mupeng kalau liat foto2 Lombok yang di share oleh teman. Pokoknya wos banget deh.

      Hapus
    2. jika kesana jangan lupa ngajak aku ya ? tapi numpang gratis :)

      Hapus
    3. masukin koper muat ga? hihihi

      Hapus
  2. Gili di Lombokmemang oke punya lokasinya, bagi kita yang beru pertama kali hadir dan menginjakan kakinya di daerah itu, serasa diri ini hidup dalam alam impian yang nyata. Penuh dengan panorama keindahan pantai yang tiada duanya.

    Apalagi dengan makanan khas daerah Lombok, yang tidak jauh dari hasil tangkapan laut yang masih segar membuat lidah serasa tidak ingin berhenti untuk mencoba setiap hidangan laut dengan tangkapan yang masih segar.

    Lombok it's oke.
    Sukses untuk lombanya Bun.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan, tuh kan...jadi makin pengen deeh ke sana

      Makasih mas Indra :)

      Hapus
    2. Memang harus di coba Mba, dan semakin penasaran nantinya kalau hanya membayangkan. Kalau jadi pergi aku titip ikan ya. He,,,,x9

      Salam wisata

      Hapus
    3. nabung dulu mas, biar bisa terwujud liburan ke lombok.

      Hapus
  3. Wow ...!!
    Mantrap, mbak... gara-gara gambar itu udah jadi kepingin ke sana... kayaknya kalau saya ini dari Aceh, buth biaya besar tuh...

    Langsung dech cari info banyak tentang lombok..

    chayooo.,... hehe :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa kita sama-sama aja ke sananya ya? qiqiqi.

      Hapus
  4. aduh,,,, jadi ikutan pengen pergi juga bun,,, hehehe....
    pantai pink nya itu lho, kok kayaknya unik sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk yuuuk, buruan siapin bawaan wkwkwk

      Hapus
  5. Saya sudah 2x kesono Bun, tapi emang belum semua tempat wisata disinggahi L(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, asyiknya udah 2 kali ke sana.
      Kesana lagi yuk mbak Esti

      Hapus
  6. wah lombanya udah berakhir ya mbak? kalau saya lebih kepingin ke Sabang. meskipun orang Aceh, tapi saya belum pernah ke sana. *malu2in aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. DL hari ini Liza.
      Itu mungkin sama aja dengan tinggal di jakarta tapi belum pernah ke pulau seribu. hehehe

      Hapus
  7. kapan-kapan kita ketemu di lombok ya,
    selamat berlomba..semoga menjadi salah satu yang terbaik...salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik juga ya pak Hari, libur bersama. "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ .

      Terima kasih supportnya :)

      Hapus
  8. Indahnya... Pengen ke sana.. Moga menang ya mbak.

    BalasHapus
  9. Lombok memang indah, bahkan lebih indah dari Bali untuk saat ini...namun untuk berkembang seperti Bali lama, bagusnya kebudayaan akan tetap terjaga dan tidak tercemar...

    Good Luck ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada kerjasama dr banyak pihak untuk mengelola Lombok dan menjaga kelsetarian alamnya.
      Terima kasih.

      Hapus
  10. Kalo ngomongin Lombok emang gak ada habisnya ya Bunda. Aku udah beberapa kali kesana, tapi rasanya masih belum juga habis mengunjungi semua tempat wisata yang ada disana. Semoga Bunda segera menikmatinya juga yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahh.. asyiknya Rie udah seing ke sana. Iyalah yaaa, kan dirimu traveler yaa

      Hapus
  11. mungkin krn lapar, jd kepengen ke sana jg nyobain kulinernya Bun *salah fokus* qiqiqiqi.

    Gudlak ngontesnya ya Bun^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga laper terus kalo liat gambar kulinernya.

      Hapus
  12. semoga impiannya segera tercapai ya mbak

    BalasHapus
  13. benar Bunda Lahfy, memang lebih asyik ke pantai saja daripada ke pegunungan. ke pegunungan lebih capek (ujar mantan pendaki yg sekarang overweight hehehe....)

    Pantai Pink-nya keren banget ya bun, sama itu tuuh... cottage yg kayak lumbung. Saya dan suami penggemar honeymoon kesekian-sekian xixixii.... Dari dulu saya taunya Lombok ya cuma pantai Senggigi, eh ternyata banyak juga lainnya yg mempesonanya. Kapan ya bisa sekeluarga pergi kesana *kethip2 memanjatkan doa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong, saya juga taunya Lombok itu cuma Senggigi dan Gili Trawangan. Ternyata buanyaaak bianget. Indah dan cantik bikin mupeng ya. Luar biasa sempurna Allah dalam mencipta.

      Hapus
  14. Ya Mba dateng aja ke Lombok... saya asli Lombok tapi malah tahu keindahan Lombok justru dari para traveler dan wisatawan luar. Tapi akhrinya saya juga mulai melangkah berwisata ke bebrapa tempat, kemarin ke Terawangan.. ya emang bener seperti di Internet, alamnya oke :) Selamat berlibur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, yang tinggal di Lombok mungkin merasa biasa saja ya dengan keindahan alam di sana. Sayang loh mbak, bisa melihat Keagungan Alloh dari dekat sungguh luar biasa.

      Hapus
  15. Subhanallah....
    Benar2 surga dunia., ajakin Devon dong kalo kesana

    BalasHapus
  16. Sudah dua kali ke Lombok, tapi tak satu pun Gili yang disinggahi.Cuma bisa menikmati dari atas saja, ngintip dari jendela pesawat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, itu sih namanya numpang lewat ya. Semoga suatu saat pesawatnya parkir di Lombok :D

      Hapus
  17. jd makin pengen ke lombok :)

    BalasHapus
  18. Subhanalloh indah sekali ya Bunda... mau dong diajak ke sana #eh...

    Aaamiin semoga terlaksana hajatnya, diberikan kesempatan oleh Allah.

    Salam
    Astin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa ke sana suatu saat bareng mbak Astin.

      Makasih ya mbak.
      salam kembali

      Hapus
  19. ternyata lombok penyimpan segala pesona. semoga saya juga bisa kesana. pastinya akan saya buat postingan 6 halaman/artikel berturut-turut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa ke Lombok betulan, jangankan 6 postingan, 10 juga saya jabanin. hehehe.

      Hapus
  20. Pantainya benar-benar elok dan indah. Coba seandainya ada yang ngajak gratis, akan senang sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaiih, kalo gratis dan tanpa ketentuan berlaku, sih saya juga mau mas :D

      Hapus
  21. Wah Jeng Niken sukses menyalakan kerinduan banyak pembaca postingan ini unyuk menikmati Lombok. Sukses Jeng tercapai impian, kami semua ikut menunggu. .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walau masih dalam impian, tapi tetap berharap suatau saat bs ke Lombok.

      Hapus
  22. aku juga pengen ke sanaa....hiks....

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Pena Bunda © 2008. Design By: SkinCorner